Tidak ada waktu untuk mempelajari Al Qur’an

Saya tidak punya waktu. Saya berharap ada lebih dari 24 jam dalam sehari. Kita semua mengeluh bahwa tidak ada waktu. Tidak ada waktu untuk berolahraga, tidak ada waktu untuk membaca buku yang bagus, tidak ada waktu untuk berjalan santai, tidak ada waktu untuk duduk dan membaca Al-Qur’an dengan pemikiran dan refleksi yang mendalam, dan sama sekali tidak ada waktu untuk berlatih dan menghafal ayat-ayat belajar mengaji alquran cepat.

belajar mengaji

Kebenaran yang tajam adalah: ada waktu. Anda punya waktu.

Kemana semua waktu pergi?

Kita buta dengan kebiasaan makan waktu dan membuang-buang waktu. Kita meremehkan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk kebiasaan menganggur, tidak produktif, dan tidak berguna.

Apa hal-hal yang mencuri waktu kita dari kita setelah kita kembali dari kantor atau sekolah?

Bekerja atau sekolah atau kuliah mengambil sebagian besar hari kita. Bagi kebanyakan orang itu adalah 8 hingga 9 jam. Itu membuat Anda dengan sisa 16 hingga 15 jam untuk mencapai tujuan pribadi dan spiritual Anda, untuk bersenang-senang, beristirahat, menghabiskan waktu bersama keluarga, bersosialisasi, berbelanja, dan tentu saja tidur.

Inilah beberapa tempat di mana Anda dapat menemukan waktu yang hilang yang kita semua cari.

Tidur

Penelitian telah menunjukkan bahwa pada saat Anda mencapai 70 tahun, Anda akan tidur selama sekitar 8.477 hari. Itu 23 tahun hidupmu tertidur. Tidak mungkin, saya menyarankan Anda untuk pergi tanpa tidur atau bahkan mengurangi jam tidur Anda dengan tajam.

Kita semua membutuhkan tidur, seperti yang Allah katakan dalam Al-Qur’an, “Dan tidurlah [sarana untuk] beristirahat.” (Pasal 78, ayat 9)

Kuncinya di sini adalah tidak kesiangan, terutama pada akhir pekan, hari libur, dan liburan. Juga, orang dewasa yang sehat tidak perlu tidur lebih dari 7 hingga 8 jam sehari. Jika Anda tidur sekitar 10 hingga 12 jam sehari, itu pada dasarnya hanya membuang waktu Anda.

Triknya adalah menghitung bagaimana Anda dapat menambahkan dalam beberapa waktu untuk Qur’an. Misalnya, Anda dapat tinggal di tempat tidur selama setengah jam ekstra dari biasanya, untuk membaca beberapa Al Qur’an sebelum tidur. Atau, Anda dapat bangun setengah jam lebih awal dari biasanya dan sebelum bergegas berangkat kerja, Anda dapat membaca Al-Qur’an selama setengah jam. Perubahan sederhana itu memberi Anda waktu 3 jam setengah minggu setiap minggu untuk membaca Al-Qur’an.

belajar mengaji

Cara lain yang mudah untuk membaca Al Qur’an adalah membaca hanya empat halaman setelah masing-masing dari lima sholat wajib. Pada akhir hari, Anda akan terkejut bahwa Anda telah membaca seluruh bagian atau juz ’Al-Qur’an, yang sekitar 20 halaman.

Ponsel dan

Aplikasi Media Sosial

Menurut penelitian, pada tahun 2017, rata-rata orang menghabiskan 2 jam dan 51 menit setiap hari di ponsel. Itu hampir 3 jam setiap hari, 21 jam setiap minggu, 84 jam setiap bulan. Bayangkan apa yang bisa dilakukan saat ini!

Sadar akan perampok waktu. Ketika Anda harus memeriksa pesan penting di ponsel Anda dari rekan kerja, periksa pesan, balas, dan letakkan.

Sering kali, kami membalas pesan penting tetapi kemudian menyia-nyiakan waktu setengah jam melewati berbagai pos di berbagai aplikasi media sosial, melihat foto, atau membaca posting dari teman dan selebritas kami.

Sisihkan tidak lebih dari 30 menit di malam hari untuk mengikuti umpan media sosial yang berbeda, jika tidak, tahan godaan untuk menggunakan aplikasi tersebut sama sekali. Gunakan ponsel Anda secara positif, untuk membantu Anda mencapai tujuan pembelajaran Al-Qur’an Anda. Ada banyak aplikasi bagus, seperti Quran Companion, Hafalkan, dan iQuran Lite.

Di dalam mobil

Dalam masa hidup Anda pada saat Anda berusia 70 tahun, Anda akan menghabiskan 1.099 hari di dalam mobil. Itu adalah tiga tahun hidup Anda di dalam mobil, mungkin di ponsel Anda. Untuk siswa sekolah dan perguruan tinggi yang belum mengemudi, dan untuk wanita di KSA, dan orang lain yang mungkin naik dengan orang lain atau naik bus untuk bekerja, berada di mobil adalah waktu emas untuk menghafal Al-Qur’an. Beberapa orang telah menghafal seluruh Al Qur’an, hanya dalam perjalanan mobil. Selalu bawa Al Qur’an kecil saat Anda menjadi penumpang di mobil, untuk mempelajari dan merevisi Al-Qur’an.

Media- TV- YouTube

Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata orang Amerika menonton televisi atau YouTube atau bentuk media lain selama 5 jam setiap hari. Jumlahnya tidak jauh lebih baik untuk Arab Saudi, karena Saudi adalah pengguna YouTube per kapita teratas di dunia. Menurut laporan di CBC News, akun Saudi untuk mengejutkan 190 juta penayangan YouTube setiap hari, itu adalah rata-rata kasar lebih dari enam tampilan per warga negara per hari. Sering kali, pemirsa mencari hiburan, yang lagi-lagi merupakan pemborosan waktu.

Saran ketika datang ke media:

• Jangan menonton acara TV dan sinetron populer.

• Jangan gundul di YouTube, cari keseimbangan.

• Jangan berlangganan ke Netflix.

• Jangan menonton sampah, dan selalu beri batas waktu.

• Jika Anda ingin bersantai dan menonton sesuatu di YouTube, buat pilihan cerdas. Tonton video yang membantu Anda mempelajari keterampilan baru, atau kiat yang dapat membangun rasa percaya diri Anda. Tonton sesuatu yang akan membantu Anda tumbuh, secara intelektual atau spiritual.

Ada program YouTube luar biasa yang menyenangkan dan dapat membantu Anda belajar mengaji al quran di rumah memahami dan menghargai Al-Qur’an dengan lebih baik. Program-programnya takjub oleh Al-Qur’an dan juga Mingguan Al-Qur’an, baik oleh Nouman Ali Khan, menjelaskan makna dari ayat-ayat Al Qur’an dan pelajaran hidup yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut. Untuk bacaan Al-Qur’an yang indah, Anda dapat mengeklik Al-Qur’an Keren dan mendengarkan bab Al-Qur’an yang Anda hafalkan.Bagi anda yang ingin belajar alquran mudah dan cepat bisa klik disini

Kami tidak dapat terus menggunakan alasan “Saya tidak punya waktu” karena kami punya waktu; itu hanya masalah memprioritaskan apa yang ingin kita lakukan dengan waktu itu.

belajar mengaji

Ketika orang-orang Muslim hebat, mereka hebat karena mereka terhubung dengan Kitab Allah dan karena mereka bekerja dengan giat untuk mempelajari agama dan juga ilmu-ilmu dunia. Mereka adalah pemimpin spiritual dan juga pemimpin dalam pendidikan, kedokteran, matematika, ekonomi, dan bidang lainnya.

Lihatlah contoh rekan, Abdullah ibn Mubarak, yang belajar dari 4.000 guru selama masa hidupnya dan dia harus pergi ke mereka untuk belajar. Dia berkata, “Saya menghabiskan tiga puluh tahun belajar sopan santun, dan saya menghabiskan dua puluh tahun belajar pengetahuan.”

Orang-orang sebelum kami dikhususkan untuk Al-Qur’an. Beberapa orang akan membaca seluruh Al Qur’an setiap bulan, yang lain dalam sepuluh hari, yang lain setiap minggu. Mereka akan membaca Al-Qur’an di masa-masa baik dan saat-saat buruk dan bahkan ketika mereka sibuk.