Cara meningkatkan hubungan Anda dengan Al-Quran

Dianjurkan bagi setiap pria dan wanita yang beriman untuk membaca Kitab Allah, Alquran Mulia, sering, dengan kontemplasi dan pemahaman yang semestinya. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan salinan Al-Quran atau dari ingatan seseorang. Allah – Yang Maha Tinggi – Berkata (apa artinya): “[Ini] sebuah Kitab yang diberkati (Al-Quran) yang telah Kami ungkapkan kepadamu, [O Muhammad, shallallahu alaihi wa sallam], bahwa mereka mungkin merenungkan ayat-ayatnya dan bahwa mereka yang mengerti akan diingatkan. ” [Quran 38:29]

Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang jarang menyentuh Al-Quran? Atau apakah Anda membacanya setiap hari, tetapi tidak menemukan itu memiliki dampak pada Anda yang seharusnya? Apapun masalahnya, ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda terhubung dengan cara cepat membaca al quran dengan lancar.

cara cepat baca alquran

1. Sebelum Anda menyentuhnya, periksa hati Anda

Kunci untuk benar-benar mendapat manfaat dari Al-Qur’an adalah untuk memeriksa hatimu terlebih dahulu, bahkan sebelum kamu menyentuh buku Allah. Tanyakan pada diri Anda sendiri, sejujurnya, mengapa Anda membacanya. Apakah hanya mendapatkan beberapa informasi dan membiarkannya menjauh dari Anda nanti? Ingat bahwa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam (semoga Allah meninggikan penyebutannya) digambarkan oleh istri bangsawannya,’ Aa’ishah semoga Allah senang dengan dia sebagai “berjalan Quran”: dengan kata lain, ia tidak hanya membaca dan membaca cara cepat belajar baca alquran, dia menjalaninya.

2. Sebelum Anda menyentuhnya, lakukan Wudhoo ‘(berwudhu)

Melakukan Wudhoo Anda ‘adalah persiapan fisik dan mental yang baik untuk mengingatkan Anda bahwa Anda tidak membaca hanya buku lain. Anda akan berinteraksi dengan Allah, Yang Maha Tinggi, jadi bersih seharusnya menjadi prioritas ketika berkomunikasi dengan-Nya.

3. Mulailah dengan membaca hanya lima menit setiap hari

Terlalu sering, kita berpikir bahwa kita harus membaca belajar mengaji al quran Mulia setidaknya selama satu jam penuh. Jika Anda tidak terbiasa membaca secara teratur, ini terlalu banyak. Mulailah dengan hanya lima menit setiap hari. Jika Anda mengurus langkah pertama, Insya Allah (Allah SWT), Anda akan melihat bahwa lima menit itu akan menjadi sepuluh, lalu setengah jam, lalu satu jam, dan mungkin lebih banyak lagi!

4. Pastikan Anda memahami apa yang telah Anda baca cara cepat membaca al quran dengan baik dan benar

Lima menit membaca Alquran dalam bahasa Arab itu bagus, tetapi Anda perlu memahami apa yang Anda baca. Jika Anda bukan orang Arab, atau Anda tidak mengerti bahasa Arab, maka pastikan Anda memiliki terjemahan Alquran yang baik dalam bahasa yang Anda pahami terbaik. Selalu mencoba membaca terjemahan dari apa yang telah Anda baca hari itu.
Mengenai orang-orang yang mengabaikan Al-Qur’an yang mulia dengan tidak membaca atau tidak memahaminya, Allah Yang Maha Kuasa Berkata (apa artinya): “Dan Rasulullah telah berkata,” Ya Tuhanku, memang umat-Ku telah menjadikan Al-Qur’an ini sebagai [sesuatu] ditinggalkan. ” [Quran: 25: 30]
Allah SWT memberi tahu kita tentang Nabi dan Utusan-Nya, Muhammad shallallahu `alayhi wa sallam (semoga Allah meninggikan penyebutannya) bahwa dia berkata:” Tuhanku umat-Ku telah meninggalkan – bertindak atau mendengarkan – kepada Al-Quran “dan itu karena para idola jamaah tidak memperhatikan atau mendengarkan Al-Quran, seperti yang dikatakan Allah (apa artinya): “Dan orang-orang yang kafir berkata,” Jangan dengarkan Quran ini dan bicaralah dengan berisik selama [pembacaan] itu yang mungkin akan kamu atasi. ” [Quran 41:26]
5. Ingat bahwa Al-Quran Mulia jauh lebih interaktif daripada CD

Di zaman CD-ROM “interaktif” dan program komputer, sejumlah orang menganggap buku itu pasif dan membosankan. Tetapi Al Qur’an tidak seperti itu. Ingat bahwa ketika Anda membaca Al-Quran yang Agung, Anda berinteraksi dengan Allah yang Maha Kuasa. Dia Mahakuasa berbicara dengan Anda, jadi perhatikan.

6. Jangan hanya membaca, Anda harus mendengarkan juga

Sekarang ada banyak kaset audio dan CD rubaiyat dari Al-Quran, beberapa diantaranya dengan terjemahan juga. Ini bagus untuk memakai walkman atau CD atau stereo mobil Anda saat Anda berkendara ke dan dari tempat kerja. Gunakan ini sebagai tambahan untuk pembacaan Al Quran harian Anda, bukan sebagai pengganti untuk itu.

cara cepat baca alquran

7. Buat Du’aa ‘(permohonan).

Mintalah kepada Allah, Yang Maha Tinggi, untuk membimbing Anda ketika Anda membaca cara cepat belajar baca alquran. Tujuan Anda adalah untuk tulus, untuk cinta Allah, berinteraksi dengan-Nya dengan membaca, memahami, dan menerapkan kata-kata-Nya yang diberkati. Membuat Du’aa ‘menjadi
Bantuan dan bimbingan Allah akan menjadi alat terbaik Anda untuk melakukan hal ini.
Ketika Anda membuat du’aa ‘, Anda memiliki hubungan langsung dengan Allah SWT. Jadi ketika Anda mengucapkan du’aa ‘Anda, Anda seharusnya tidak terganggu, tetapi sebaliknya Anda harus sepenuhnya terkonsentrasi. TheProphet sallallaahu `alayhi wa sallam (semoga Allah meninggikan penyebutannya) berkata:

“Buat Du’aa ‘dan yakin itu dijawab, dan ketahuilah bahwa Allah, Yang Diagungkan, tidak menjawab Du’aa’ dari hati yang ceroboh yang tidak berkonsentrasi.” [At-Tirmithi]